Nonton Sepakbola


Nonton sepakbola itu gampang tapi susah. Maksudnya, gampang beli tiket tapi susah nyari tempat duduknya. Nah, oleh karena itu, ada beberapa tips yang ingin kubagi.

1. Tetap memakai celana panjang. Walaupun memakai celana pendek juga nyaman, tetapi lebih aman kalo pake celana panjang. Haram hukumnya kalo nonton pake rok dan kebaya!

2. Kenali lokasi parkir kendaraan. Biasanya yang datang ke stadion itu gak cuma pemain doank. Tapi suporter yang jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan. Jadi sudah pasti kendaraan juga buanyak. Pastikan jangan lupa dimana lokasi parkir kendaraannya. Kalo celingukan, ntar dikira mau maling.

3. Beli karcis di loket.  Kadang ada juga stadion yang tidak menyediakan loket. Jadi tiket-tiket tersebut disebarkan oleh ‘petugas’ di sekitar stadion. Cek tanggalnya. Jangan sampai beli tiket lama yang dijual lagi.

4. Cari tempat duduk yang nyaman. Walaupun duduk di tribun VIP yang ada kursi bernomor, tetap aja duduknya suka-suka. Gak usah dipeduliin deh nomornya. Orang-orang juga gitu kok. Hahaha…

5. Bawa air minum. Liga Indonesia kebanyakan dihelat pada sore hari. Jadi cuaca masih panas. Jangan lupa bawa air minum yang ditaruh dalam plastik. Karena biasanya, air minum dalam botol dilarang dibawa masuk. Atau kalau perlu, bawa termos aja sekalian. Gak mungkin kan mau ngelempar termos?  Dan jika diperlukan, bawa kopi n teh sekalian. Jadi bisa jualan deh,hahahaha…

6.  Sopan dalam berteriak. Maksudnya, jangan berteriak di depan kuping orang lain. Bisa-bisa tangan ikutan ‘teriak’. Jangan lupa, boleh mengejek tapi jangan berlebihan. Misalnya mengatai “monyet”. Mereka juga manusia coy!

7.  Keluar dengan tertib. Jangan berdesak-desakan. Apalagi kalau ada tawuran. Malah lebih baik tetap di dalam aja. Soalnya kalo lagi tawuran, biasanya, keadaan di luar lebih parah!

8.  Pakai helm. Bilang aja helmnya takut dicuri. Padahal buat perlindungan kalo ada batu nyasar.

9. Jangan bawa uang berlebih. Gak semua orang di stadion orangnya alim. Copet juga banyak. So, hati-hati!

10. Jangan bawa dompet berlebih nanti dikira copet! Hahahaha…

Pokoknya itu-lah beberapa tips dariku. Ntar deh kalo ada lagi, bisa kutambah. Thanks!