Mahal atau Murah ya?

Sebuah harga atau nilai suatu barang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tidak ada sebuah pakem yang mengatakan bahwa barang ini mahal atau barang itu murah. Ada beberapa faktor yang dapat menentukan mahal murahnya suatu barang. Kalau saya rangkum, pada umumnya 3 sebab untuk menentukan mahal murahnya suatu barang.

1. Komparasi atau Perbandingan

Suatu ketika, saya membeli smartphone S20 di toko A dengan harga Rp 3.000.000,00. Kemudian suatu hari saya berjumpa dengan teman saya dan ternyata menggunakan smartphone yang sama serta dibeli di waktu yang hampir bersamaan dan di toko yang tidak berjauhan. Dia kemudian bertanya berapa rupiah yang saya keluarkan untuk menebus smartphone tersebut. Dengan ekpresi kecewa setelah saya memberikan jawaban, dia mengatakan bahwa dia harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 4.000.000,00 di toko B untuk smartphone yang sama. Dari kasus ini, maka smartphone dari toko A menjadi sesuatu yang murah dibandingkan dengan smartphone dari toko B. Harap diingat juga, sekalipun toko A menjual dengan harga Rp 4.000.000,00 tetapi kemudian toko B menjual dengan harga Rp 5.000.000,00, maka smartphone dari toko A tetap berasa lebih murah. Jadi disini, mahal murahnya nilai barang dikarenakan adanya faktor komparasi atau perbandingan.

2. Kebiasaan atau Kebutuhan

Pernah suatu hari saya bertanya kepada salahsatu tukang saya di proyek. Saya menanyakan apakah dia sering menelpon ke rumah kalau sering ada proyek di luar kota.  Dia menjawab tidak terlalu sering menelepon karena dengan sms saja sudah cukup untuk mengetahui kabar. Dengan sms, dia tidak perlu biaya lebih dari Rp 2.000,00 per hari untuk menanyakan kabar di rumah. Sedangkan kalau menelpon, paling tidak keluar biaya hingga Rp 10.000,00. Lebih hemat, begitu kira-kira alasannya. Kemudian saya bertanya lagi tentang kebutuhan rokok yang sering dihisapnya. Dia mengatakan paling tidak menghabiskan 2 bungkus rokok per hari. Dengan harga per bungkus Rp 15.000,00, maka dalam sehari dia menghabiskan uang Rp 30.000,00 untuk kebutuhan rokoknya. Dalam situasi ini, bisa dilihat bahwa biaya menghisap rokok lebih besar daripada biaya menelepon sekalipun. Tetapi dia tidak mengatakan bahwa merokok itu mahal. Ini menunjukkan bahwa apabila sesuatu hal sudah menjadi kebutuhan atau kebiasaan, maka tidak akan dirasa mahal. Namun apabila suatu hal baru pertamakali dilakukan, maka kadang akan terasa mahal sekalipun biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil.

3. Kemampuan Finansial

Pernah saya pada satu kesempatan mengunjungi diler kendaraan bermotor. Tepatnya diler sepeda motor. Saya menanyakan harga suatu sepeda motor yang cukup memikat hati. Dengan cukup bersemangat, si SPG memberikan jawaban yaitu sebesar Rp 40 juta dan dapat dicicil sesuka hati. Saya menimbang-nimbang sejenak. Saya mempunyai tabungan sebanyak Rp 100 juta dan tentu saja mencukupi untuk membeli sepeda motor ini. Namun kalau kembali dipikir-pikir, harga sepeda motor ini menguras hampir separuh tabungan saya. Wah, mahal betul ni motor. Begitu kira-kira saya berpikir. Kira-kira 2 bulan kemudian, saya dapat hadiah undian Rp 10 M. Saya kembali menyambangi diler sepeda motor tersebut. Saya ditawari sebuah sepeda motor model terbaru seharga Rp 80 juta. Dengan agak menyombongkan diri, saya bertanya: “Ngga ada yang agak mahalan dikit gitu?”  Dalam kasus ini, kemampuan finansial seseorang mempengaruhi persepsi mengenai mahal tidaknya sebuah barang.

Mungkin ada beberapa faktor lainnya yang juga mempengaruhi mahal tidaknya suatu barang. Kalau ada, silakan ditambahkan.

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Umum and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

