Freedom!

Hari ini adalah hari terakhir aku melaksanakan ujian. Seperti biasanya, aku melaksanakan ujian tersebut dengan metode yang aku sebut Logical Analysis Method, alias penalaran sebisanya. Hehehe. Memang tidak untuk semua soal sih. Hanya beberapa bagian saja yang ‘membutuhkan’ sedikit penambahan pembahasan. Tapi untuk ujian yang terakhir ini, tampaknya aku menggunakan metode itu paling banyak. Habis soalnya ternyata essay. Bukannya hitungan seperti yang aku harapkan. Karena tau sendirilah, kalo masalah hafalan, aku paling malessss… harus baca ini itu. Kalo cuma sekali dua kali baca sih ok. Tapi kalo harus terus-terusan? Capek deh! Apalagi untuk mata kuliah yang diujikan tadi. Setiap bab aja masih dibagi menjadi puluhan sub-bab. Tiap-tiap sub-bab dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Tiap bagian, mempunyai belasan hingga puluhan istilah. Tiap istilah, mempunyai contoh yang rata-rata lebih dari satu. Nah lho! Jadi buanyak banget istilah dan definisi yang harus dihafal. Kalo nama istilahnya masih menunjukkan apa yang dimaksud, aku masih bisa memberikan definisinya. Tapi kalo istilah yang digunakan menggunakan nama yang tidak umum? semisal bahasa latin atau bahasa purba lainnya, tentu aja aku ra mudeng. Jadi sebelum tes, aku hanya bisa meraba-raba pertanyaan apa yang sekiranya bakal keluar. Tapi masih ada juga yang aku gak mudeng atau lupa. Habis memang banyak banget lho! Coba ada si Deddy Corbuzier suruh memprediksi soal apa yang bakal keluar. Pasti tambah botak tuh kepalanya. Habis rambutnya. Ada juga soal yang menanyakan perbedaan antara contoh A dan B. Sedangkan masih ada contoh lainnya, semisal C, D, dan E. Nah, jadi kadang kecampur-campur tuh mana ciri untuk A atau ciri untuk C. Huaaahh… Tapi biarlah. Yang penting tetap melaju asal selamat (hehehe). Alasan tuh!

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

