Kehormatan Bendera

benderaKetika pertama kali aku datang ke UTM, aku menyaksikan beberapa bendera Malaysia yang dipasang di tiap-tiap tiang lampu penerangan jalan tampak lusuh dan robek. Banyak diantaranya jatuh berserakan di atas tanah. Waktu itu, aku tidak habis pikir. Kenapa warga negara Malaysia memperlakukan benderanya seperti ini? Bandingkan dengan di Indonesia yang sangat menghormati bendera sebagai lambang kehormatan dari suatu negara. Bahkan untuk latihan upacara bendera pun harus menggunakan bendera latihan yang biasanya berwarna biru-putih. Jadi kenapa di Malaysia ini, bendera negara seperti menjadi seperti barang yang tak berarti? Jawabannya baru kutemukan tadi sewaktu aku browsing di internet. Memang tidak ada hubungannya secara langsung sih.

Berdasarkan info yang aku dapat dari artikel di internet, disebutkan bahwa tidak boleh bagi seorang muslim berdiri untuk memberi hormat kepada bendera dan lagu kebangsaan. Ini termasuk perbuatan bid’ah yang harus diingkari dan tidak pernah dilakukan pada masa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa salam ataupun pada masa al-Khulafa’ ar-Rasyidun Radiyallahu ‘anhum. Sikap ini juga bertentangan dengan tauhid yang wajib sempurna dan keikhlasan di dalam mengagungkan hanya kepada Allah semata serta merupakan sarana menuju kesyirikan. Di samping itu, ia juga merupakan bentuk penyerupaan terhadap orang-orang kafir, mentaklid (mengikuti) tradisi mereka yang jelek serta menyamai mereka dalam sikap berlebihan terhadap para pemimpin dan protokoler-protokoler resmi. Padahal, Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita berlaku sama seperti mereka atau menyerupai mereka. Wa billahi at-Taufiq, wa shallaallhu ‘ala Nabiyyina Muhammad wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam.  (Kumpulan fatwa al Lajnah ad Daimah li al Buhuts al ‘Ilmiyyah wa al Ifta, Lembaga tetap pengkajian ilmiah dan riset fatwa Saudi Arabia, halaman 149. Dikumpulkan dalam Al Fatawa Asy Syari’iyyah fi Al Masa’il Al ‘Ashriyyah min Fatawa Ulama’ Al Balad Al Haram oleh Khalid Al Juraisiy).

Jadi berdasarkan artikel di atas, aku bisa mengerti kenapa di Malaysia ini bendera merupakan suatu benda semata. Hanya sebatas lambang identitas suatu negara. Karena harus diingat juga bahwa dalam pemerintahannya, Malaysia sangat memegang teguh syariat Islam. Jadi itulah alasannya. Kalau ada salah info, mohon maaf deh.

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s