Site Visit

my-friends-n-mePagi-pagi aku sudah di-call temanku. Dia bilang kalo sudah hampir waktunya berangkat. Nah, karena itu aku langsung cepat-cepat mandi dan bersiap. Eh, sampai di tempat berkumpul ternyata busnya aja belum datang. Ya, tadi pagi aku mengikuti kunjungan ke lokasi proyek pembangunan jembatan menggunakan batang pra-tekan. Sebenarnya ini untuk mahasiswa jurusan struktur. Tapi karena temanku ini menjabat sebagai wakil ketua himpunan mahasiswa sipil jadi ya dia memasukkan namaku dan teman-teman lainnya walaupun jurusannya lain. Yang penting kuota terpenuhi katanya. jadilah 44 orang berangkat menggunakan dua buah bus.

Jarak ke lokasi proyek lumayan jauh. Sekitar 30 km lebih. Kami pertama kali mendatangi kantornya terlebih dahulu. Ada semacam briefing mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Tak lupa safety gear juga diingatkan. Acara briefing ditutup dengan makan bersama. Lumayanlah, kan belum sempat makan waktu berangkat. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah proyek pembangunan jembatan di daerah Permas Jaya. Lumayan panjang juga jembatannya. Kalau tidak salah hampir 400 meter. Disana kami sempat melihat secara langsung proses pengeboran untuk membuat bore pile. Agak repot juga karena lokasinya berada di bahu sungai. Jadi tanahnya lembek dan mudah keluar air. Alat-alat berat pun harus menggunakan alas berupa lembaran baja agar tidak melesak masuk ke dalam tanah berlumpur. Setelah puas melihat proses pengeboran, kami kemudian pergi ke lokasi kedua. Pada lokasi ini, terdapat banyak batang pra-tekan yang baru selesai dibuat dan sedang diberi tekanan. Bahkan ada beberapa yang masih berupa rangkaian tulangan baja sehingga kita dapat melihat secara detil bagian dalam batang pra-tekan. Tekanan diberikan menggunakan sebuah alat mirip dengan kompresor yang memompakan udara ke dalam pipa berisi kabel baja di dalam batang.

Aku menyambut baik kegiatan ini. Selain karena gratis (kecuali RM2 untuk snack), aku juga dapat melihat secara langsung apa itu yang namanya batang pra-tekan. Aku yakin banyak sekali di luar sana para lulusan teknik sipil yang belum pernah melihat secara langsung. Sekalipun dia mengambil jurusan struktur. So, it was good man!

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s