Arrrrgghh@#@^<J!!!!!

Dua hari ini bikin pengen ngamuk! Dua assignments kayaknya kurang meyakinkan. Yang pertama tuh kemarin waktu persentasi. Begitu selesai persentasi, dosen langsung komentar itu adalah paper sampah! Aku tau yang dimaksud bukan persentasiku. Karena persentasiku hanyalah menyampaikan summary tentang sebuah journal paper. Dan journal paper yang aku buat summary-nya itu teryata gak ada gunanya sama sekali kata dosen itu. Kebetulan pula si penulis dikenali oleh dosenku. Si penulis berasal dari UK. Kata dosenku, ada semacam kolusi antara penulis dan penerbit. Jadi journal-journal yang diterbitkan kadang tidak layak terbit. Tapi semua bisa diterbitkan karena si penulis dekat dengan sang editor misalnya. Dosenku menyebutnya mafia journal. Masalahnya, journal internasional itu sangat berguna dan seringkali menjadi syarat untuk studi program doktor. Jadi kemarin aku ya mengiya-iyakan aja kemarin waktu dosen bilang gitu. Tapi tetep aja menyebalkan!!!

Nah, masalah yang kedua, tes tadi siang. Dalam tes itu ada 3 buah soal. Tes nya adalah open book test. Tidak ada instruksi apapun dari dosen. Waktu pun dimulai. Aku mulai dengan soal nomor dua. Ternyata ada semacam data yang kurang. Aku berpikir mungkin menggunakan metode lain. Semua cara yang aku coba tetep gak bisa. Butuh sebuah nilai dari satu data yang kurang itu. Aku pun berulang kali mengerjakan dengan semua cara. Tapi tetep gak bisa. Saat itu ada salah satu teman yang menanyakan. Kemudian dosen bilang kalau data yang tidak ada, silakan asumsikan sendiri. HAAAH!!!! Kenapa gak dari tadi?! Waktu jadi hilang percuma! Okelah pikirku. Lanjut aku soal nomor satu. Aku bongkar semua catatan plus copynote. Tidak ada yang berhubungan dengan soal itu sama sekali. Aku coba-coba saja sendiri. Dan ternyata memang tidak ada rumus ataupun ketentuan cara mengerjakan soal itu. Dosen kemudian bilang lagi kalau itu kerjakan saja dengan logika. Kalau ini terjadi, berarti hasilnya seperti itu. Gitu pokoknya. Nah, gara-gara gak ada instruksi seperti itu sejak awal, maka semua orang di kelas jelas aja kebingungan. Gak jelas mau apa. Karena dosen bilang, semua metode penyelesaian ada di catatan dan copynote. Nyatanya? Arrrgghh!!! setelah soal nomor satu dan dua selesai, dosen kemudian bilang kalau waktu tinggal 3 menit. Kontan semua pontang-panting mengerjakan soal nomor tiga. Apalagi ini tambah gak jelas. Gak ada hubungannya samasekali dengan kuliah-kuliah sebelumnya. Ini tentang opini. Tapi mau memberi opini juga agak susah karena dasarnya juga tidak ada. Lebih-lebih ada angka-angkanya juga. Bingung pokoknya!!! Akhirnya soal nomor tiga kuselesaikan dalam sekejap. Teman-teman lain pun bahkan masih menulis saat dosen sudah menarik lembar jawaban. Gak beres pokoknya!!!

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

