House of Books

librarySudah dua bulan aku kuliah disini tetapi baru sekali ini aku masuk perpustakaan. Maklum, kalo ngga ada tugas, tempat ini berada pada urutan terakhir untuk dikunjungi. Perpustakaan ini bernama Sultanah Zanariah. Terdiri dari 5 lantai. Lantai 1 semacam kantor dan gudang gitulah. Lantai 2 merupakan tempat belajar 24 jam. Jadi mau seminggu pun boleh disini. Pada lantai 3, ada ruangan khusus yang berisi puluhan bahkan ratusan komputer yang terhubung dengan internet. Jadi semacam warnet gitulah. Tersedia pula Chess Corner, yaitu tempat untuk bermain catur. Kok gak ada ya tempat buat main mahjong ato gaple dan semacamnya? kan lebih seru tuh dari pada main catur yang cuma diem-dieman kayak orang marahan. Hehehe. Nah, di lantai 4 dan 5, barulah isinya buku semua. Tersedia juga meja dan kursi untuk membaca atau membuat tugas.

Sistem peminjamannya tersedia juga dalam bentuk layan diri. Maksudnya, kita bisa meminjam dengan mencatatkan buku (scan) yang kita pinjam ke sebuah mesin mirip mesin ATM. Jadi tak perlu lagi harus mendatangi petugas jaga. Hal baru lainnya adalah buku-buku yang ada disini tak cuma ditempel dengan barcode, tetapi ada semacam sensor tambahan yang akan mati apabila buku tersebut sudah di-scan untuk dipinjam. Kalau tidak, alarm akan menyala saat kita melewati pintu keluar tanpa di-scan terlebih dahulu. Bagus juga ya. Satu hal lagi yang kusuka adalah penataan ruangan yang dibuat luas tanpa sekat ruangan dengan rak buku berada di tengah dan meja baca mengelilinginya. Apalagi dengan jendela yang mengelilingi ruangan menjadikan ruangan tersebut semakin lapang. Nyaman deh pokoknya!

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s