Jemput ke Changi Airport

the-merlionJemput-jemput! ya, hari ini kakaku mau datang dari Jogja via Singapore. Jadi aku harus jemput ke Changi Airport di Singapore. Lumayanlah bisa sekalian jalan-jalan. Aku berangkat dari Skudai jam 11.30 siang menuju bandaraya Johor Bahru (JB). Aku berangkat bersama mbak Suzan karena dia belum pernah pergi ke Singapore. Selain itu, mamanya juga sudah pesan ke aku, kalo mau pergi-pergi, tolong mbak Suzan juga diajak. Soalnya dia tuh tidak pernah pergi sendirian. Jadilah dia ikut jemput ke bandara. Setelah sampai di JB, kami turun di City Square Mall. Ada jalan penghubung dari City Square ke imigrasi. Karena aku keluar dari Malaysia, aku harus merelakan single entry visa-ku yang 3 bulan jadi hangus. Ya sudahlah tidak apa-apa. Kalau nanti aku kehabisan visa, aku bisa keluar lagi trus masuk lagi ke Malaysia. Setelah urusan keluar Malaysia beres, kami naik bis menuju imigrasi Singapore di Woodlands Checkpoints. Disitu ada sedikit masalah tentang pasporku. Masalah sepele tapi jadi rumit bila berurusan di imgrasi Singapore yang ketat. Di dalam pasporku tertulis aku keluar dari Indonesia tanggal 7 Desember 2008 kemudian masuk Singapore tanggal 7 Desember 2008 dan keluar pada hari yang sama karena aku hanya transit saja. Ketika masuk ke Malaysia, pada single entry visa, tertulis 7 Desember 2008 untuk tanggal masuk. Tetapi ada satu cap lagi yang menuliskan kalau aku masuk Malaysia tanggal 5 Desember 2008. Jadi kalau di logika, aku masuk Malaysia tanggal 5 Desember dan tanggal 7 Desember aku masuk Singapore. Padahal aku baru keluar Malaysia tanggal 23 Desember. Nah, berarti seharusnya antara tanggal 5 sampai 7 Desember, aku harus keluar dari Malaysia. Tapi tidak ada keterangan untuk itu. Pihak imigrasi sangka aku kabur dari Malaysia dan menjadi pendatang gelap di Singapore lewat Indonesia. Nah lo, repot juga tadi harus menjelaskan ke pihak imigrasi Singapore gara-gara salah cap dari imigrasi Malaysia.

Setelah diizinkan masuk ke Singapore, aku naik subway atau MRT dari station Marsiling menuju station Somerset. Aku ajak dulu mbak Suzan lihat-lihat keadaan Orchard Road yang terkenal itu. Setelah itu, dari station Orchard, kami menuju ke station Raffles. Dari sana kami berjalan sebentar menujung patung Merlion. Sekali lagi, karena ini pertama kalinya mbak Suzan ke Singapore, dia mau kenang-kenangan di depan landmark Singapore. Saat hari sudah menjelang sore, kami bergegas menuju station Raffles dan menuju station di Changi Airport. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Sesampainya disana, kakakku sudah mendarat dan keluar dari imigrasi. Kami langsung menuju taksi kembali ke Woodlands Checkpoints dan kembali ke Skudai. Tak terasa sudah jam 23.30 kami sampai di Skudai. Jadi mau tak mau aku tidur di hotel juga. Karena ada jam malam di UTM yaitu jam 24.00, dan gerbang akan ditutup kecuali ada alasan khusus. Untung di hotel ada wireless jadi aku bisa langsung update cerita.

Ada beberapa foto yang kuambil selama di Singapore, diantaranya, tribun F1, Singapore Flyer, Esplanades, tidur di kolong jembatan, anderson bridge, serta marina bay dan merlion di malam hari. Silakan buka di Foto Lain. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Jalan-Jalan. Bookmark the permalink.