Berjayaaaa….!!!

registrasi_01Hahahaha…aku pengen tertawa bukan karena sombong dan bukan karena pamer, tapi karena tingkah polah teman-temanku sebelum tes bahasa Inggris hari Jumat lalu. Sehari dan semalam sebelum tes, mereka berdiam diri di kamar. Belajar katanya. Ada juga yang belajar kelompok di salah satu asrama. Tapi apa yang terjadi? Mereka semua tidak lulus! Aku sudah bilang ke mereka, kalau belajar bahasa tidak bisa dipelajari hanya dalam waktu sehari semalam. Lain halnya dengan mempelajari ilmu pasti, asal kita sudah tahu kuncinya, maka kita bisa mengerjakan. Aku bilang ke mereka lebih baik bersantai ria saja. Me-rileks-kan pikiran dan tubuh. Alhasil dari total 279 new international postgraduate students, hanya 70 saja yang bisa masuk ‘jalan tol’ ke fakultas masing-masing. Termasuk aku ini. Alhamdulillah. Sedangkan sisanya harus merasakan kelas bahasa Inggris terlebih dahulu. Lumayanlah, bisa berhemat sampai RM3500 atau sebesar Rp 10.850.000 dengan RM 1 = Rp 3.100. Jadilah aku bisa membeli sepeda motor untuk akomodasi selama kuliah disini.

Setelah dinyatakan lulus, aku harus melakukan registrasi. Ada 6 tahapan selama registrasi. Tahap pertama, yaitu pengambilan berkas formulis yang kemudian dilanjutkan dengan tahap kedua yaitu pengambilan hasil medical check up. Setelah itu, aku harus menunggu hingga dipanggil ke counter 3 untuk mengesahkan bahwa aku sudah dinyatakan lulus tes bahasa Inggris. Pada counter 4, aku harus menunjukkan dokumen-dokumen, antara lain transkrip nilai, offer letter, checklist, dan beberapa dokumen lainnya. Selanjutnya di counter 5, aku harus membayar biaya kuliah sebesar RM 5031 atau sebesar Rp 15.596.100 dengan 1 RM = Rp 3.100. Uang sebesar itu untuk membayar kuliah semester pertama, asrama selama satu semester (6 bulan), dan segala fasilitas yang ada di kampus, misalnya fasilitas olahraga (lapangan sepakbola, basket, futsal, rugby, sepak takraw, tennis, badminton, ping-pong, fitness, berkuda, panjat tebing, kayak,dll.), perpustakaan, internet, laboratorium, dsb. Setelah menyelesaikan urusan di counter 5, maka aku sudah bisa membuat matrix card atau kartu pelajar. Setelah itu? selesai deh.

Judul tulisan ini, yaitu berjaya, yang dalam bahasa Indonesia artinya sama dengan berhasil. Berhasil dalam menempuh tes bahasa Inggris. Ini semua berkat doa dari keluarga, teman-teman, pembaca, dan semua pihak, dan tentu saja atas izin dari Yang Maha Kuasa. Terima kasih untuk semuanya.

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

