Tes Lagi

Judul tentang tes ini sudah keluar untuk yang kedua kali, tapi untuk tes yang berbeda. Tanggal 12 hari Jumat kemarin diadakan tes bahasa Inggris untuk mengetahui sejauh mana kemampuan bahasa Inggris kita. Untuk tes pertama materinya adalah grammar, vocabulary, dan reading. Kalau mau jujur, menurutku bobot dari tes ini hanya setingkat SMU kelas 1 atau 2. Bahkan mungkin hanya setingkat SMP. Ini bukannya bermaksud menyombongkan diri, karena ternyata tidak hanya aku yang merasa begitu. Hampir semua teman-teman dari Indonesia merasakan hal yang sama. Dari jatah waktu 2 jam, rata-rata kami sudah keluar pada menit ke 40. Namun bila melihat gesture dan ekspresi dari peserta lain yang kebanyakan dari negara-negara Arab, mereka tampak sedikit panik dan tidak tenang. Pada awalnya aku berpikir, ah, mungkin seperti itu cara mereka berpikir. Tapi nanti akan kuceritakan kejadian yang membuatku yakin bahwa sebagian besar dari mereka nol besar dalam hal bahasa Inggris.

Tes kedua yang kami jalani adalah writing test. Tiap-tiap peserta diberi tiga lembar kertas berukuran A4 bergaris plus selembar untuk cover. Pada bagian atas hanya diberi beberapa kalimat yang berisikan petunjuk pengerjaan. Pada kertas ujianku tertulis seperti ini kira-kira: FROM MANY KINDS OF DISCOVERIES AND INVENTIONS, PLEASE STATE 1 (ONE) THAT IS VERY IMPORTANT ACCORDING TO YOUR OPINION. Kalo diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, gampangnya kita disuruh memilih satu penemuan dari sesuatu yang belum ada menjadi ada (invention) atau penemuan dari sesuatu  yang sudah ada tetapi baru ditemukan (discovery). Tiap orang mendapatkan tema yang berbeda atau sama denganku. Untuk tes ini, aku hanya menyisakan waktu 10 menit dari jatah waktu 1,5 jam dan hanya separuh halaman yang kosong. Jadi, dari minimun 400 kata yang disyaratkan, kira-kira aku sudah menulis hingga 700-an kata. Tes ini yang paling membuatku khawatir. Karena apa? karena sistem penilaiannya berdasarkan opini dari si penilai. Ok-lah kalau tentang tenses-nya bisa digunakan standar yang pasti. Tetapi bagaimana dengan penilaian tentang ide tulisan? It’s very subjective!

Nah, ini yang ingin kukatakan pada pembaca semua, hal yang membuatku sedikit yakin kalau sebagian besar pelajar dari negara-negara Arab memiliki kemampuan bahasa Inggris yang minim. Suatu ketika saat briefing tentang campus regulations, salah seorang mahasiswa dari salah satu negara Arab bertanya padaku dengan bahasa Inggris yang terbata-bata, “how..how..your camera? it is for video too?”, dan kujawab “no. just for still picture taking.” dan dia kembali mengulang pertanyaan yang sama. Dia tidak tahu apa maksud dari ‘still picture’. Kujelaskan bahwa maksudnya adalah ‘gambar tak bergerak’ alias foto. Setelah itu dia kembali bertanya berapakah harganya. Kujawab “it’s about two thousands ringgit, including lens,bag,lcd protector, and UV filter.” Dan sekali lagi dia tidak ngeh. Dia tidak tahu berapakah itu ‘two thousands’. Dia kemudian memberikan aku sebuah pena dan memintaku untuk menuliskan berapakah itu ‘two thousands’. Hah?! Apa tidak kebangetan pikirku? Seorang mahasiswa yang ingin mengambil jurusan di postgraduate di international school, tidak tahu apa itu two thousands? Hahahahaha…. Aku hanya tertawa. Pantas saja banyak perusahaan-perusahaan dari negara-negara Arab mengambil tenaga ahli dari kita. Sekali lagi, kita jangan pernah minder dengan orang luar, entah itu masih satu kontinen (Asia) atau negara barat. Semua diukur dari isi kepala bukannya sampul luar. Hidup Indonesia!

About MazGan

Be a Better Human Komentator Segalanya
This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s