Ferry Batam – Johor


Tips ini aku berikan kepada semua pembaca karena aku sering menggunakan jalur transportasi ini. Aku tuliskan bagaimana cara bepergian dengan ferry dari Batam menuju Johor. Semoga bermanfaat!

1. Tentukan dahulu jam keberangkatan kita. Setiap satu jam akan ada kapal yang berangkat. Jadwal dimulai dari jam 07.30 pagi hingga 18.30 petang.

2. Penyedia jasa penyeberangan bermacam-macam. Semua tergantung dari jam keberangkatan. Misalnya apabila ingin berangkat pada jam 10.30, maka operator A yang melayani. Sedangkan untuk jam 11.30, operator B yang melayani. Kita bisa memilih waktu keberangkatan.

3. Sebaiknya beli tiket return apabila dalam satu bulan akan kembali lagi. Untuk tiket pulang, tanggalnya masih dibuka (open tiket), jadi kapanpun kita bisa menggunakannya selama belum melebihi batas waktu (30 hari). Selain itu, harganya juga lebih murah.

4. Siapkan uang untuk tax apabila akan kembali lagi (semacam passenger service charge).

5. Siapkan dokumen perjalanan anda (tiket, paspor, dll).

6. Datanglah satu jam sebelum jam keberangkatan. Biasanya setengah jam sebelum berangkat counter sudah ditutup dan disarankan untuk jam berikutnya. Kecuali sudah ada tiket sebelumnya. Perjalanan laut biasanya lebih tepat waktu kecuali ada gangguan cuaca.

7.  Walaupun tidak tercantum batasan membawa barang, tetapi disarankan untuk membawa barang secukupnya demi keamanan.

8. Gunakan pakaian yang nyaman dan memudahkan untuk bergerak.

9. Jangan tertidur apabila anda membawa barang berharga.

10. Kartu pass untuk keluar dan masuk negara akan dibuatkan pada saat kita check in.

Demikianlah sedikit petunjuk dari saya, semoga bermanfaat!