Kata-kata Populer

Aku ingin berbagi informasi tentang beberapa kata dan idiom yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Kata-kata ini kadang sangat bertentangan artinya dalam bahasa Indonesia. Check it out!

1.  BILA. Kata yang satu ini sejak awal membuatku bingung. Bahkan kadang-kadang sekarang pun masih harus berpikir 2x. Dalam bahasa Melayu, BILA mempunyai arti KAPAN dalam bahasa Indonesia. Jadi sebelum aku tau apa artinya, maka aku sering terlibat dalam percakapan konyol. Lawan bicaraku tanya tentang waktu, aku menjawab tentang kondisi. Hehehehe.

2.  BOLEH. Nah, yang satu ini juga sering membuatku bingung. Dalam bahasa Indonesia kita menggunakannya sebagai pernyataan izin atas sesuatu. Tetapi di bahasa Melayu artinya adalah BISA atau DAPAT.

3. KENA. Kalau tadi BOLEH berarti BISA/DAPAT, maka KENA ini artinya adalah BISA/DAPAT. Jadi urutannya seperti ini: Boleh –> Bisa/Dapat sedangkan Bisa/Dapat –> Kena.

4. AIR. Kalau mau makan dan ditanya AIR, itu artinya ditanya MINUM APA? Jadi jawabnya ya apa yang mau kita minum.

5. MAKAN/MINUM?. Di atas sudah dijelaskan kalau AIR maksudnya MINUM APA?, kalau ditanya MAKAN? atau MINUM? itu artinya apakah disantap di tempat (dine in) atau dibawa pulang (bungkus). Jawab aja MAKAN/MINUM kalau mau makan di tempat. Atau BUNGKUS kalau mau dibawa pulang.

6.  “O” dan AIS. Apabila kita memesan minuman, misalnya teh atau kopi, maka otomatis akan dicampur dengan susu atau krim. Jadi kalau kita ingin teh murni atau kopi hitam, bilangnya harus seperti ini: TEA-O atau KOPI-O. Kalau ingin yang dingin (es batu), maka ditambahkan kata AIS dibelakangnya (TEA-O-AIS atau KOPI-O-AIS). Huruf “O” disini berfungsi sebagai kata TANPA (OUT). Seperti dalam bahasa Inggris, yaitu W or W/O yang berarti WITH or WITHOUT.

7. SEJUK. Dalam bahasa Indonesia, kata SEJUK tingkatannya masih berada di bawah BEKU dan DINGIN. Tetapi dalam bahasa Melayu, SEJUK artinya DINGIN. Jadi kalau kita bilang AIR DINGIN, orang-orang sini ngga mudeng. Taunya mereka adalah AIR SEJUK. Walaupun bukan sejuk lagi karena gelas akan berisi full es batu.

8. AIS KOSONG. Kalau uang sudah mepet, biasanya anak kost cuma minum air es saja. Tapi disini istilahnya lain. Air yang diberi es namanya AIS KOSONG yang artinya air putih dengan AIS tapi tanpa lainnya (teh, sirup, gula, dll).

9. ROTI CANAI. Jangan berpikiran kalau ROTI CANAI ini seperti roti pada umumnya yang terbuat dari tepung yang dioven atau dikukus. ROTI CANAI ini adalah sebuah makanan yang terbuat dari kulit untuk martabak telor yang diberi kuah kental. Kalau kita pesan ROTI CANAI KOSONG, maka hanya kulitnya saja. Kita bisa minta untuk diisi dengan telor atau lainnya. Kalau diisi lengkap dengan sayuran, maka namanya menjadi MURTABAK atau MARTABAK dalam bahasa kita.

10. MASAKAN PANAS. Tentu saja semua masakan kalau dimasak pasti jadi panas. Kecuali sudah dibiarkan lama dan mendingin. Yang dimaksud masakan panas adalah, makanan yang harus dipesan terlebih dahulu (made by order). Jadi bukannya yang prasmanan (self-service).

Mungkin baru 10 macam kata yang bisa aku informasikan sekarang. Nanti kalau ada perbendaharaan kata yang baru, akan aku share ke pembaca sekalian. Terima kasih.

About these ads

About grawira

great man
This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.

One Response to Kata-kata Populer

  1. amar says:

    kata2 populer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s